Selasa, 10 Januari 2017

14 Objek Wisata di Rokan Hulu Yang Terkenal

Wisata Rokan Hulu – Awalnya, sebelum di lakukan pemekaran, Kabupaten  Rokan Hulu ini merupakan bagian dari kabupaten kampar. Selain di singkat dengan sebut rohul, Kabupaten ini juga di kenal orang dengan sebutan negeri seribu suluk.

Jarak Kabupaten Rokan Hulu dari pekanbaru sekitar 180 kilometer dan dapat di tempuh dengan menggunakan kenderaan roda dua, maupun roda empat. Kabupaten ini, banyak memiliki tempat-tempat wisata indah dan menarik yang tidak kalah dengan Wisata Sumatera Barat.

Kabupaten Rokan Hulu, Bisa di bilang icon wisatanya provinsi riau. Selain banyaknya tempat wisata menarik dan indah yang dapat di kunjungi, di kabupaten rokan hulu ini pengunjung juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang banyak di ketahui orang. Kali ini info aneka wisata akan mengabarkan informasi 14 Objek Wisata di Rokan Hulu Yang Terkenal :

1. Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu

foto : mamicrohul.or.id
Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu Merupakan Masjid Megah Dan Cantik yang terdapat Di Povinsi Riau, Masjid ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk di gunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim, selain itu juga menjadi obyek wisata religius di rokan hulu.

Kemegahan  dan keindahan Masjid Agung Madani memberi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Rohul dan juga Riau. masjid agung madani islami center ini banyak di kunjungi oleh pengunjung, baik dari provinsi riau sendiri mau pun dari berbagai daerah di indonesia dan bahkan banyak juga pengujung dari luar negeri yang tertarik mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre ini.

2. Air Terjun Aek Martua

foto : travel.detik.com
Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri selain berada di kawasa dataran tinggi penggunungan bukit barisan Air Terjun Aek Martua ini juga memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu.

Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah.
3. Masjid Tua Konto Darusslam

foto : triptrus.com
Masjid Tua Kunto ini di bangun oleh R.T. Muhammad Alie pada tahun 1937. Di dekat masjid ini terdapat makam ahli suluk atau khalifah yaitu makam Tengku Imam Muda dan Makan Imam Nawawi.

Masjid Tua Kunto ini berjarak sekitar 62 km dari Pasirpengarayan ibu Kota Rokan Hulu. Selain tempat ibadah, juga di jadikan sebagai Tarkat Na’syahbandiyah.
4. Istana Rokan

foto : triptrus.com
Istana Rokan terletak di desa Rokan IV Koto berjarak sekitar 46 Kilometer dari Pusat Pemerintaha Kabupaten Rokan Hulu. Untuk menuju kesana kita bisa menggunakan kenderan roda dua maupun kenderaan roda empat.

Istana Rokan yang berjuluk Rumah tinggi ini berumur sekitar 200 tahun dan di bangun  pada saat pemerintahan kesultanan Nagari Tuo. Banyak rumah penduduk sekitar istana mengikuti  ini bentuk dan model bangunan istana yang merupakan khas melayu.

Bila kita mengunjungi istan Rokan, kita dapat melihat langsung tiga tangga yang melambangkan kekerabatan masyarakat Rokan IV Koto pada masa dahulu. Arti dari lambang tiga tangga ini yaitu, , penguasa, Adat dan Alim ulama. Selain istana itu di sekitar isatan kita juga dapat melihat langsung rumah persukuan yang masih terjaga dan terpelihara, ada rumah suku Mais, suku Modang, dan suku Melayu.

5. Benteng 7 Lapis

foto : triptrus.com
Benteng tujuh lapis merupakan sebuah peninggalan sejarah di Indonesia lokasi  ini tepatnya berada tepatnya di desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Riau sekitar 23 km dari makam Raja-Raja Rambah.

Benteng ini merupakan peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia pada zaman penjajahan Belanda sebagai benteng pertahanan pejuang masyarakat Dalu-Dalu atau masyarakat indonesia. Benteng yang dibuat dengan material tanah liat yang di ambil dari tepian Sungai Batang Sosa tambusai, di kerjakan oleh masyarakat Dalu-Dalu dengan waktu yang lumayan lama. 

Sewaktu terjadi perang paderi yang di pimpin Tuanku Tambusai, Benteng Tujuh Lapis ini lah menjadi tempat melanjutkan perjuangan melawan penjajahan belanda. Sejarah ini lah yang membuat benteng tujuh lapis masuk dalam salah satu objek wisata yang terdapat di kabupaten Rokan Hulu.
6. Makam Raja-Raja Rambah 

foto : riaudailyphoto.com
Makam Raja raja Rambah dapat di tempuh dari ibukota Kabupaten rokan hulu dengan jarak 9 Kilometer. Makam ini berada di desa Kumu. Dari jalan provinsi kita akan masuk kedalam area makam dengan jarak sekitar 100 dengan melewati jalan semenisasi.

Dahulu daerah Makam Raja raja Rambah ini adalah tempat tinggal para Petinggi Kerajaan Rambah. Makanya didaerah ini, terdapat makam Raja-raja Rambah. Biasanya bagi pengunjung yang pertama kali kesini akan merasakan suasana angker dikarenakan di daerah makam-makam ini banyak sekali ditumbuhi kayu-kayu besar, bahkan  ada salah satu makam raja Rambah yang dilindungi oleh urat-urat kayu ara. Sekilas kalau di lihat, makam itu seperti terdapang diatas akar batang kayu.

7. Goa Huta Sikapir

Tidak jauh dari Objek Wisata Pemandian Air Panas Pawan, Kira-kira Sekitar 1 Kilometer ada hutan dengan banyak di tumbuh kayu kayu besar berbagai jenis.saking besarnya banyak kayu di hutan ini di liliti akar kayu sulur. Sepintas kelihatan sekali hutan ini bernuansa angker. Tetapi jangan kwatir hutan nya tidak angker kok..!!! malahan di hutan ini banyak sekali goa yang indah dan mengagumkan. Menurut perkiraan ada sekitar 41 Goa baik besar maupun kecil di lokasi hutan ini. Rata-rata goa di sini mempunyai nama sesuai dengan bentuk dan kondisi Goa.

foto : triptrus.com
Bagi anda yang hoby berpetualang, tak ada salahnya mengunjung Goa Huta Sikapir ini. Biasanya untuk menjelajahi Goa ini kita akan dipandu oleh penduduk setempat dengan membayar jasanya selama kita di pandu di Goa ini.

8. Taman Nasional Bukit Suligi

foto : rokanonline.com
Bagi kita yang berkunjung ke Taman Nasional Danau Bukit Suligi, kita dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang di lindungi pemerintah. Selain melihat flora dan fauna kita juga bisa melihat indahnya danau yang terdapat di area Taman Nasional ini.

untuk kita ketahui, di taman ini sering di jadikan tempat penelitian ilmu biologi. Selain itu, di taman ini juga ada  sumber air panas serta goa yang indah. Bagi pengunjung yang ingin bermalam disini telah camping ground.

9.  Pemandian Air Panas Pawan

foto : advintur.blogspot.com
Kalau tadi Goa huta Sikapir berada sekitar 1 Kilometer dari Air Panas Pawan, kali ini kita akan membahas tentang Pemandian Air Panas Pawan. Air Panas ini berjarak sekitar 9 km dari Pasirpengarayan. Kenapa air panas ini diberi nama air panas pawan, karena terletak di desa pawan. Untuk menuju Lokasi Air Panas Pawan ini bisa mengunakan kenderaan Roda dua maun pun roda emapat.


Lokasi Wisata Air Panas Pawan ini bisa di bilang Lokasi yang Sangat di minati Pengunjung.Selain keindahan, adan keunikan tersendiri di lokasi Air Panas Pawan. Di sini kita akan menjumpai dua sumber air panas dengan suhunya berbeda-beda. Satu sumbernya bersuhu sekitar 600 Derajat celcius sedangkan yang satu lagi bersuhu sekitar 500 sampai 800 derjat celcius
 
10. Pemandian Air Panas Hapanasan

foto : elvinferdianslbpembina.blogspot.co.id
Pemandian Air Panas Hapanasan ini terletak sekitar 6 Kilometer dari pusat pemerintahan kabupaten rokan hulu. Di Pemandian Air Panas Hapanasan terdapat wahana-wahana seru seperti tempat bermain anak, kolam rendang, dan juga Waterboom serta outbond.

Bagi kita yang berkunjung kesini bersama keluarga tidak perlu khawatir karena Pemandian air panas hapanasan ini mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap. Ada Toilet umum, musolla dan juga tersedia tempat parkir.
11. Sungai Bungo

foto : advintur.blogspot.com
Sungai Bungo terletak Di Desa Sialang, kecamatan Rambah. Untuk menuju ke lokasi sungai bunga kita akan melewati hutan dan jalan yang berukuran kecil. Walaupun demikian, hal ini tentu membuat kenangan tersendiri. Karena Sebelum sampai kelokasi sungai bungo kita bisa melihat pemandang yang indah nan asri sepanjang jalan yang kita lewati. Sungai Bungo ini Sangat cocok bagi yang hobi berpetualangan.

12. Sungai Rokan Kiri

foto : advintur.blogspot.com
Sungai Rokan Kiri adalah objek wisata air deras yang ada di kabupaten rokan hulu. Sungai yang melintasi ujung batu ini dapat di lewati dengan menggunakan Boat dengan melewati arus yang sangat deras serta tebing yang cadas kita dapat meyaksi kan keindahan dan kehidupan di sepanjang tepian sungai selama 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di tebing sungai kita akan melihat betapa indahanya air terjun hujan lobek dan di hulu dari sunagi ini kita akan melihat dua air terjun lainnya, yaitu air terun sungai murai dan air terjun sungai tolang.
13. Rumah Batu Serombou

foto : rokanhulukab.go.id
Untuk menuju kelokasi Rumah Batu Serombou dapat melalui jalan simpang karya  mulya selanjutnya melewati jalan poros karya mukti. untuk sampai ke rumah batu serombou yang berada desa Serombou indah dapat menggunakan kenderaan roda dua maupun roda empat Indah. Jarak yang kita tempuh untuk kesana sekitar 12 kilometer. 

setelah sampai ketempat tujuan, hal pertama yang akan kita lihat yaitu 3 buah batu yang kalau kita lihat secara teliti berbentuk rumah payung, besar di atas dan makin kecil kebawahnya.
14. Cipogas (Bendungan Kaiti)

foto : advintur.blogspot.com
Bendungan Kaiti ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pasir pengaraian dan dapat di tempuh baik menggunakan kenderaan roda dua maupun roda emapat. Sesampai di tujuan kita disuguhkan pemandanang yang indaha, dimana terdapat batu-batuan besar yang di aliri air dari sungai bukit haorpit. Menurut cerita warga setempat, pada zaman dahulu tempat ini dijadikan orang untuk betapa mendapatkan ilmu kebathinan.

1 comments so far

Foto nya byak yg salah.
1. Hapanasan dan pawan tu sama, yg bener fotonya yg hapanasan.
2. Benteng 7 lapis bukan kayak gitu, sama sekali gk ada bangunan beton yg asli.
3. Bukit suligi itu danau bukan sungai.
4. Sungai bungo tu nama desa, bukan sungainya.
5. Cipogas gambarnya ntah dari mana, bendungan tu ya danau, bukan sungai gitu.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar serta masukan terkait dengan artikel yang Anda baca di atas. Mohon maaf, Komentar Spam atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon