Rabu, 18 Januari 2017

8 Objek Wisata Air Terjun di Riau

Objek Wisata Air Terjun Riau - Provinsi Riau yang bisa di katakan berada di tengah pulau Sumatra dan juga berada di bagian timur Pulau Sumatra ini merupakan salah satu provinsi penghasil minyak di Indonesia. selain penghasil minyak, di provinsi Riau juga banyak sekali perkebunan. Baik perkebunan sawit maupun perkebunan lainnya. Secara Administratif Provinsi Riau Berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara dan Jambi.

Provinsi Riau dengan ibu kota Pekanbaru sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Pekanbaru.

Berikut 8 Objek Wisata Air Terjun di Riau yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Riau.

1. Wisata Air Terjun Guruh Gemurai

Obyek Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi. Tepatnya, di sekitar daerah Lubuk Jambi. Sekitar 25 Km sebelah Barat Daya dari Taluk Kuantan. 

Akses menuju Air Terjun Guruh Gemurai tidaklah sulit. Selain dapat menggunakan kendaraan milik pribadi, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum yang dapat mengantarkan pengunjung hingga ke arah Kiliran Jao, yaitu perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau.

Dalam perjalanan ini, pengunjung akan melewati sebuah Pasar Tradisional Lubuk Jambi. Tidak jauh dari arah pasar tersebut, terdapat sebuah jalan yang bercabang dua dan berbelok ke arah cabang sebelah kiri. Daerah Ini di namakan daerah Desa Koto. saat melewati daerah ini, kita di harapkan berhati-hati, karena di daerah jalannya sedikit ektrim dengan medan yang di tempuh berbelok dan menanjak.

Cukup dalam waktu lebih kurang 15 menit, Anda akan disambut oleh gerbang bertuliskan SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI, tepat di sebelah kanan jalan besar.

2. Wisata Air Terjun Aek Martua


Keindahan Air Terjun Aek Martua membuat pengunjung betah berlama-lama disini. selain  menampilkan keunikan tersendiri berupa air yang jatuh secara bertingkat, air terjun ini juga memberi suasana alam yang sangat indah.

Karena Keunikan jatuhnya air terjun ini bertingkat, sering juga Air Terjun Aek Martua ini Air Terjun Tangga Seribu.  Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Air Terjun Aek Martua diambil dari  bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah. 

3. Wisata Air Terjun Hulu Lombu

Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu) terletak di Kelurahan Muara Lembu (bahasa Kuansing: Muaro Lombu), Kec, Singingi, Kab. Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Surga tersembunyi yang satu ini terletak lumayan jauh. Kalau dihitung total waktu tempuh dengan sepeda motor adalah  1 jam 30 menit dari Kota Teluk Kuantan.

4. Wisata Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas secara administratif terletak di wilayah Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air terjun yang indah ini berada di hutan desa yang masih perawan dengan jalur pendakian berupa jalan setapak di dalam hutan.



5. Wisata Air Terjun Kembar Denalo


Wisata Air terjun Kembar Denalo yang terletak di Desa Alim,  Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu memiliki pemandangan yang sangat indah. terdapat gabungan dua air terjun  yang membuat panorama keindahan alamnya luar biasa.

6. Wisata Air Terjun Lubuk Nginio


Wisata Air Terjn Lubuk Nginio memiliki ketinggi kira-kira sekitar 3 meter ini memiliki pemandangan yang sangat indah. walaupun tidak terlalu tinggi seperti air terjun lainnya, air terjun ini juga banyak di kunjungi oleh pengunjung. Karena untuk menuju kelokasi air terjun yang terletak di Desa Merangin, Kecamatan Kuok dapat ditembuh dengan waktu perjalanan sekitar 30 menitdari Rantau Berangin.

7. Wisat Air Terjun Tujuh Tingkat


Air Terjun Tingkat ini terletak di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi,tepatnya berada di Lubuk Ambacang. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini agak lumayan susah. dari Taluk Kuantan Kita akan Menujun Ke kecamatan hulu kuantan. selanjutnya kita akan menyusuri sungai sejauh 4 kilometer dengan menggunakan pompong.
8. Wisata Air Terjun Lubuk Inyu

Sumber : http://serantaunews.com
Wisata Air Terjun Lubuk Inyu terletak di Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Kuok.Untuk menuju lokasi ini, sebaiknya menggunakan sepeda motor karena lokasi jalan menuju ke sana belum di aspal dan banyak bebatua.

Air terjun Lubuk Inyu memiliki ketinggian hanya sekira 7 meter. Tapi aliran airnya cukup deras dan bebatuan gunung yang besar-besar menambah eksotisnya air terjun ini. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang luas sehingga sangat nyaman bagi yang hobinya berenang.

Itu lah info 8 Objek Wisata Air Terjun di Riau, semoga menjadi inspirasi anda yang hobi berwisata.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar serta masukan terkait dengan artikel yang Anda baca di atas. Mohon maaf, Komentar Spam atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon