Selasa, 27 Desember 2016

Wisata Bono Pelalawan Yang Medunia

Wisata Gelombang Bono - Gelombang Bono yang merupakan Objek Wisata andalan di Kabupaten Pelalawan adalah fenomena alam yang biasa terjadi karena disebabkan pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju hilir.

foto : bono_ombakhantu/instagram
Gelombang Bono hanya bisa di saksi kan pada waktu tertentu saja. Biasanya menurut masyarakat setempat, gelombang bono terjadi pada saat bulan purnama atau bulan besar, di mulai dari hitungan hari ke 10 sampai 20 menurut perhitungan bulan melayu atau bertepatan bulan agustus sampai bulan desember bulan masehi.
Sementara saat tidak bulan purnama, Gelombang Bono tidak muncul dan nyaris tidak muncul. Gelombang Bono dikenal juga oleh masyarakat setempat dengan sebutan gelombang tujuh hantu (Seven Ghosts) karena gelombang yang dihasilkan bisa mencapai tujuh lapis dan datang berurutan serta bersamaan. Hal yang menarik dari gelombang Bono muncul dan datang dalam durasi waktu yang cukup lama bisa sampai 2 jam.

Bagi wisatawan yang mau melihat fenomena alam yang unik dan dahsyat ini bisa berkunjung ke Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Untuk di ketahui gelombang bono ini merupakan gelombang yang bersifat merusak dengan kedahsyatan gelombangnya. Jadi bagi wisatawan diharapkan berhati-hati jika ingin melihat gelombang bono.

foto : bono_ombakhantu/instagram
Sebelum gelombang bono ini di populerkan oleh para peselancar dari negara lain seperti peselancar dari Prancis dan juga dari Brazil. Gelombang Bono menjadi hal yang sangat menakutkan bagi masyarakat yang ada di kecamatan teluk meranti, tetapi sekarang sudah banyak masyarakat sekitar terutama pemuda berselancar menantang dahsyatnya gelombang bono. Selain itu juga gelombang bono menjadi Wisata Andalan bagi Kabupaten Pelalawan dan juga Provinsi Riau. Untuk  menarik wisatawan dalam negeri maupun manca negara untuk datang ke Kabupaten Pelalawan.

Sedikit informasi yang kami dapat, bagi wisatawan yang mau melihat dahsyatnya hendaknya datang pada Bulan November, karena  pada bulan tersebut  Gelombang Bono mencapai titik tertingginya yang mencapai sekitar 6 meter.
Untuk menuju Lokasi Wisata Gelombang Bono kalau dari pekanbaru kita harus menuju ke pangkalan kerinci terlebih dahulu, bisa menggunkan kenderaan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih. Selanjutnya dari pangkalan kerinci ibu kota kabupaten pelalawan kita menuju Teluk Meranti melalui jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 4jam. Selain jalur darat kita juga bisa menggunakan sarana transportasi air, dari Pelabuhan di jembatan Pangkalan Kerinci menggunakan speedboat ke desa Teluk Meranti dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3jam dengan biaya perjalanan Rp.150.000.  Demikian Info Singkat dari kami tentang Wisata Gelombang Bono Di Kabupaten Pelalawan.

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar serta masukan terkait dengan artikel yang Anda baca di atas. Mohon maaf, Komentar Spam atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon